SISTIM MANAGEMENT LINGKUNGAN DALAM BISNIS ANDA


ISO 14001
MENJAGA LINGKUNGAN ADALAH MENINGKATKAN IMAGE DARI ORGANISASI

By   ali Pur
  1. Sejarah ISO 14000

Berdasarkan kesepakatan international pada tahun 1996 ISO meluncurkan suatu standard untuk mengelola lingkungan secara professional di dalam organisasi , standard tersebut disebut Sistem Manajemen Lingkungan ISO 14001:1996.

Namun melihat perkembangan dan tuntutan jaman, pada tahun 2003 dilakukan revisi terhadap system tersebut dan diluncurkan pada tahun 2004. Standard tersebut untuk selanjutnya disebut ISO 14001:2004.

  1. Mengapa di perlukan?

2.1       perkembangan industry adan pertumbuhan penduduk dewasa ini telah menyebabkan krisis lingkungan dan energi. Berawal dari dampak industri inilah maka organisasi dan industri diwajibkan untuk bertanggungjawab terhadap semua proses kegiatan organisasi dan industri dalam pengelolaan lingkungan menjadi di mana proses itu terjadi

             2.2 Konservasi lingkungan telah menjadi tuntutan dari pelanggan negara maju yang secara sadar melihat pentingnya perlindungan terhadap lingkungan dilaksanakan sejak dini untuk meminimalisasikan kerusakan lingkungan di masa depan.

  1. Tujuan penerapan ISO 14000

3.1       Mencegah kerusakan lingkungan

3.2       Membangun image positip perusahaan/organisasi

3.3       Menurunkan lost cost pada proses produksi , mis: oli tumpah di laut

 

4.  Elemen-elemet yang di bangun dalam penarapan ISO 14001:2004 adalah :

4.1. Spesifikasi aspect dan dampak lingkungan

4.2. Prosedur dan instruksi kerja yang akurat

4.3.Pengendalian Proses semua kegiatan perusahaan

4.4. Kesesuaian dengan tujuan dan target organisasi dalam meningkatkan kinerja lingkungan ( 4.3.3)

4.5. Mengurangi/mencegah pencemaran lingkungan (3.18)

4.6. Keharusan untuk melaksanakan peraturan dan perundangan

4.7. Pemantauan dan pengukuran lingkungan misalnya kwalitas udara

4.8. Komunikasi ke pihak – pihak external mis . masyarakat, pemerintah, patner bisnis (3.13)

ISO 14001:2004 adalah sistem manajemen yang dinamis, dimana dapat diterapkan bersama system manajemen mutu ISO 9001 dan dapat disesuaikan dengan perubahan organisasi dan industri, perubahan peraturan / perundangan yang berlaku maupun perubahan ilmu dan teknologi.

Keuntungan dari penerapan sistem manajemen lingkungan ISO 14001:2004 adalah :

1. Perlindungan terhadap lingkungan

2. Manajemen lingkungan yang lebih baik mis. Green corridor initiative by chevron geothermal ltd. Di gunung salak yang melibatkan masyarakat sekitarnya dalam penanaman 25.000 pohon.

 

3. Meningkatkan citra dan image perusahaan  terhadap masyarakat sekitar juga clients

4. Meningkatkan daya saing perusahaan

5. Kepercayaan dan kepuasan pelanggan ( tuntutan )

6. Menekan resiko yang membahayakan lingkungan dan pekerja

7. Menekan biaya produksi, Karena di mana pembentukan ISO 14001 dalam perusahaan tujuannya adalah. Supaya perusahaan itu menjadi yang terbaik di bidangnya dan juga untuk mengantisipasi biaya tambahan yang tak perlu.


    KLUSUL ISO 14000 ( SISTEM MANAJEMEN LINGKUNGAN )

    Klausul 1 – Ruang Lingkup

    Klausul 2 – Acuan Standard

    Klausul 3 – Istilah dan Definisi

                   3.1 – Auditor

                   3.2 – Perbaikan Berkelanjutan

                   3.3 – Tindakan Perbaikan

                   3.4 – Dokumen

                   3.5 – Lingkungan

                   3.6 – Aspek Lingkungan

                   3.7 – Dampak Lingkungan

                   3.8 – Sistem manajemen Lingkungan

                   3.9 – Tujuan Lingkungan

                   3.10 – Kinerja Lingkungan

                   3.11 – Kebijakan Lingkungan

                   3.12 – Sasaran Lingkungan

                   3.13 – Pemangku Kepentingan

                   3.14 – Audit Internal

                   3.15 – Ketidaksesuaian

                   3.16 – Organisasi

                   3.17 – Tindakan Pencegahan

                   3.18 – Pencegahan Pencemaran

                   3.19 – Prosedur

                   3.20 – Rekaman

    Klausul 4 – Persyaratan Sistem Manajemen Lingkungan

                   4.1 – Persyaratan Umum

                   4.2 – Kebijakan Lingkungan

                   4.3 – Perencanaan

                   4.3.1 – Aspek Lingkungan

                   4.3.2 – Persyaratan Peraturan Perundang-undangan dan Lainnya

                   4.3.3 – Tujuan, Sasaran dan Program

                   4.4 – Penerapan dan Operasi

                   4.4.1 – Sumber Daya, Peran, Tanggungjawab dan Kewenangan

                   4.4.2 – Kompetensi, Pelatihan dan Kesadaran

                   4.4.3 – Komunikasi

                   4.4.4 – Dokumentasi

                   4.4.5 – Pengendalian Dokumen

                   4.4.6 – Pengendalian Operasional

                   4.4.7 – Kesiagaan dan Tanggap Darurat

                   4.5 – Pemeriksaan

                   4.5.1 – Pemantauan dan Pengukuran

                   4.5.2 – Evaluasi Kepatuhan

                   4.5.3 – Ketidaksesuaian, Tindakan Perbaikan dan Tindakan Pencegahan

                   4.5.4 – Pengendalian Rekaman

                   4.5.5 – Audit Internal

                   4.6 – Tinjauan Manajemen

    Untuk konsultasi iso 14001 di perusahaan bapak/ibu dapat menghubungi kami di no 021. 98567515 atau 081380163185
    <a href="
    ” title=”sertifikasi iso 14000 ini sangat menentukan masa depan dari organisasi” target=”_blank”>atau detailnya kunjungi website kami di sini

JOB GREADING

kejelasan skala jobs greading akan menambah imange dari pada manajemen di mata staff

KONSULTAN JOBS GREADING

  • Banyak sekali perusahaan sekarang ini tidaklah memiliki Job greading yang jelas padahal pada kenyataannya perusahaan tersebut telag berdiri puluhan tahun . apa bila dalam perusahaan tersebut tidak memiliki job greading yang jelas maka dapat di pastikan job discriptionnya juga tak jelas apalagi sysem penggajiannya. begitu juga sebaliknya apa bila dalam sebuah organisasi telah ada job gredingnya maka dengan kata lain perusahaan tersebut sudah bisa di bawa untuk berjalan lambat atau berlari sekalipun. dalam job greading akan jelas masalh pembangian kewajiban dan tanggungjawab, penentuan penggajian, penentuan standard Kwalifikasi untuk sebuah posisi/jabatan, pengalaman yang di butuhkan apa juga berapa lama.

    untuk hal tersebutlah, maka kami dari jasa consultant yang telah berdiri BERPENGALAMAN dengan berbagai macam perusahaan yang menjadi clients kami, maka untuk pembuatan Job Greading di perusahaan anda kami dari DP KONSULTAN siap memberikan jasa consultant di perusahaan di seluruh indonesia.

     

    Hubungi kami Kami KONSULTAN JOBS GREADING , job-greading, JASA KONSULTAN SKALA PENGUPAHAN, JASA KONSULTAN REMUNERASI, JASA KONSULTAN HR:

    DP KONSULTAN

  • qhse-dp

SEKILAS TENTANG ISO 9001 I ISO 9001 CONSULTANT INDONESIA

iso
kami yang terbaik dalam penyusunan sistem QMS di indonesia. Telp kami 021.92795135 atau 0813801.63185

SEKILAS TENTANG ISO 9001

ISO 9001 : 2008

SISTEM MANAJEMEN MUTU-QMS

 1. Sejarah

ISO 9001:2008 adalah suatu standar internasional untuk sistem manajemen Mutu / kualitas.ISO 9001:2008 menetapkan persyaratan – persyaratan dan rekomendasi untuk desain dan penilaian dari suatu sistem manajemen mutu. ISO 9001:2008 bukan merupakan standar produk, karena tidak menyatakan persyaratan – persyaratan yang harus dipenuhi oleh sebuah produk (barang atau jasa). ISO 9001:2008 hanya merupakan standar sistem manajemen kualitas. Namun, bagaimanapun juga diharapkan bahwa produk yang dihasilkan dari suatu sistem manajemen kualitas internasional, akan berkualitas baik (standar).

Continue reading

STANDARD OPERATIONAL PROSEDURE (SOP)

Kami berpengalaman sejak tahun 2001 dalam penyususnan sistem operating prosedure

Mobile / Wa:  081380163185 / 081212 81 4843

KONSULTAN SOP

sop

Jasa Penyusunan SOP

Standard operational prosedure atau sop is A Standard Operating Procedure is a document which describes the regularly recurring operations relevant to the quality of the investigation. The purpose of a SOP is to carry out the operations correctly and always in the same manner. A SOP should be available at the place where the work is done”. 

Banyak sekali di dalam tubuh sebuah perusahaan yang terdiri dari banyak departement (divisi) yang mana departement satu dan lainnya tidak memiliki batas dan tanggungjawab masing-masing, tidak paham siapa mengerjakan apa, siapa melapor kepada siapa, kapan laporan di sampaikan,  karena tidak memiliki standar baku untuk melakukan, mengerjakan tanggungjawabnya masing-masing dengan standard masing2 divisi. ada juga mungkin ada beberapa SOP-standard operational prosedure yang berlaku yang di buat oleh manager atau management perusahaan tapi ketika pelaksanaan serta pengawasannya tidak jalan karena berbagai faktor, salah satu faksornya adalah tidak ada komitmen atau konsekwensi yang jelas apabila hal tersebut tidak di lakukan oleh pekerja, atau ada SOP tetapi di berlakukan hanya untuk level tertentu saja oleh tertentu dan juga dengan motifasi serta kepentingan kelompok tertentu. misalnya sop hr sistem, siapa yang menyusun sop hr sistem, apakah juga jobs desc yang gampang di pahami oleh semua yang terlibat? apakah juga di buat berupa kpi-key performace indikator tingkat keberhasilan dari sop hr sistem tersebut?.

Continue reading

PRIVATE TRAINING, IN-HOUSE TRAINING, PUBLIC TRAINING

INHOUSE TRAINING

training
kami berpengalaman dalam menyelenggarakan public training, inhouse dan private training untuk seluruh Indonesia. DETAIL,  CONTACT US: 0813801.63185 / 081212 814843

PUBLIC TRAINING

Kami perusahaan konsultan, yang mana bukan hanya konsultan di bidang Iso series dan bisnis strategy tapi kami juga mengadakan programe untuk Public training, untuk jumlah peserta public training efectivenya jumlah peserta maks 25 peserta meskipun kami pernah sebagai traininer dengan peserta 50 orang…………..he……..he….seperti seporter bola…..he..he…. untuk private training Maks 5 orang peserta, in-house training maks 30 orang peserta dan juga public training yang pesertanya bisa 50 orang peserta.

Continue reading