STANDARD OPERATIONAL PROSEDURE (SOP)

Kami berpengalaman sejak tahun 2001 dalam penyususnan sistem operating prosedure

Mobile / Wa:  081380163185 / 081212 81 4843

KONSULTAN SOP

sop

Jasa Penyusunan SOP

Standard operational prosedure atau sop is A Standard Operating Procedure is a document which describes the regularly recurring operations relevant to the quality of the investigation. The purpose of a SOP is to carry out the operations correctly and always in the same manner. A SOP should be available at the place where the work is done”. 

Banyak sekali di dalam tubuh sebuah perusahaan yang terdiri dari banyak departement (divisi) yang mana departement satu dan lainnya tidak memiliki batas dan tanggungjawab masing-masing, tidak paham siapa mengerjakan apa, siapa melapor kepada siapa, kapan laporan di sampaikan,  karena tidak memiliki standar baku untuk melakukan, mengerjakan tanggungjawabnya masing-masing dengan standard masing2 divisi. ada juga mungkin ada beberapa SOP-standard operational prosedure yang berlaku yang di buat oleh manager atau management perusahaan tapi ketika pelaksanaan serta pengawasannya tidak jalan karena berbagai faktor, salah satu faksornya adalah tidak ada komitmen atau konsekwensi yang jelas apabila hal tersebut tidak di lakukan oleh pekerja, atau ada SOP tetapi di berlakukan hanya untuk level tertentu saja oleh tertentu dan juga dengan motifasi serta kepentingan kelompok tertentu. misalnya sop hr sistem, siapa yang menyusun sop hr sistem, apakah juga jobs desc yang gampang di pahami oleh semua yang terlibat? apakah juga di buat berupa kpi-key performace indikator tingkat keberhasilan dari sop hr sistem tersebut?.

permasalahan di atas hanyalah sebagian permasalahan yang ada dalam sebuah perusahaan. SOP-standard operational prosedure sangat vital bagaimana proses sebuah perusahaan dalam meraih target yang telah di tetapkan oleh manajemen, karena demikian pentingnya fungsi dari SOP-standard operational prosedure maka tidak jarang perusahaan atau organisasi menggunakan jasa penyusunan SOP atau  jasa konsultan sop-standard operational prosedure sering di kenal dengan konsultan sop dalam menyusun atau mendiskripsikan sebuah sop-standard operational prosedure dalam perusahaan mereka. ini penting mengingat indepensi dan transparansi serta kwalitas dari sebuah sop-standard operational prosedure yang di susun misalnya dalam pembuatan sop hr sistem dan lainnya. konsultan sop-standard operational prosedure yang pasti tidak ada kepentingan dalam operational perusahaan. konsultan sop, atau jasa penyusunan sop-standard di utus oleh sebuah perusahaan konsultan bekerja secara profesioal sesuai dengan ruang lingkup kontrak yang telah di sepakati sebelumnya. Kontrak-kick off-gab analisis-penyusunan dokumen-finalisasi dan sosialisasi dokumen-implementasi/handover dokumen. dengan tahapan proses tersebut sudah jelas seorang konsultan sop-standard operational prosedure atau  jasa konsultan sop telah memiliki target yang jelas dan pasti untuk menghasilkan sebuah sop yang efective dan efesien serta terukur dalam organisasi perusahaan.

Untuk konsultasi, silahkan menghubungi kami
Untuk konsultasi, silahkan menghubungi kami

Jasa konsultan sop-standard operational prosedure

Jasa konsultan SOP haruslah  sebuah perusahaan consultant yang memiliki reputasi, independent, pengalaman dan dengan sistim pendekatan costimize kepada Client. karena setiap perusahaan memiliki solusi dan permasalahan masing-masing meskipun line bisnisnya dan ruang lingkup yang sama. sistim pendekatan tersebut sangat memegang peranan penting dalam mengimplementasikan SOP yang telah atau akan di buat oleh consultant itu sendiri. SOP adalah jantung dalam operational sebuah organisasi. dalam memberikan  jasa penyusunan sop-standard operational prosedure dapat juga di padukan dengan inhouse training dengan peserta karyawan dari perusahaan tersebut (leadernya – Up saja). hal ini penting supaya perusahaan tidak tergantung kepada perusahaan  jasa konsultan sop di kemudian hari………toh sudah bisa di lakukan oleh karyawan internal sendiri.

Karena begitu sentralnya peranan SOP tersebutlah, maka di butuhkan peranan jasa konsultan sop yang benar benar dapat memberikan solusi, Improvment, efective dan efesien serta No limit dalam pemberian serviceses terhadap clients. karena dalam kenyataannya banyak sekali jasa konsultan sop yang ada melakukan copy paste terhadap pembuatan system dalam perusahaan, mereka tiak mau tahu apakah SOP yang di buat tersebut memberikan dampak positip dalam operational perusahaan atau tidak, dan berapa lama SOP tersebut bisa dan dapat di tarapkan dalam perusahaan, maka dari itu sangat kami sarankan di padukan dengan training penyusunan sop.

Dalam hal itulah kami dari consultan ISO SERIES DAN BUSSINESS STRATEGY hadir sejak tahun 2001 di indonesia dan sangat berpengalaman dalam menangani perusahaan sekala kecil sampai besar. kami di dukung oleh jasa konsultan sop yang handal, yang telah berpengalaman di bidangnya masing2, baik itu sebagai pembicara dalam seminar-seminar dan tenaga ahli di perusahaan-perusahaan sebelumnya. Pendekatan yang kami lakukan terhadap client kami adalah costemize artinya kami membangun sebuah sistem dalam perusahaan clients kami adalah tergantung kepada permasalahan dan yang di butuhkan perusahaan tersebut, demi untuk tercapai tujuan yang telah ditetapkan oleh management. selanjutnya sebelum di lakukannya jasa penyusunan SOP atau  jasa konsultan sop-standard operational prosedure , informasi apa saja yang di butuhkan oleh perusahaan konsultan sop dari calon klien tersebut, yaitu.

1 Company profile

2. Struktur Organisasi (bila ada)

3. Jumlah karyawan perusahaan tersebut, serta

4. Berapa jumlah divisi (masing2)

5. sistem yang telah berjalan, misalnya perusahaan tersebut telah mengimplementasi iso 9001, dan lain-lain.

dari informasi tersebut, perusahaan konsultan penyusunan sop, jobs desc, dan kpi tersebut akan mudah menganalisa jumlah kunjungan, biaya, schedule serta metode dalam memberikan jasa konsultan penyusunan sop dan mengajukan penawaran kepada calon klien tersebut.

Harus seditail demikiankah???? IA. pasti. supaya menghasilkan kerjasama dan hasil sop yang benar2 dapat di implementasikan dalam perusahaan bukan sekedar sop kejar target doang…………he……..he…..kami akan  membuat SOP yang benar-benar menjadi solusi, improvment dengan efective dan efesien pada client.

untuk mendapatkan jasa kami Konsultan sop atau jasa penyusunan sop,  silahkan hubungi:

sop-hrd-kpi

 

 

Tinggalkan komentar